Pendidikan Islam telah menjadi bagian penting dalam sejarah peradaban manusia, terutama di negara-negara dengan mayoritas Muslim. Di Indonesia, pendidikan Islam memiliki akar yang kuat sejak masa kerajaan Islam hingga era modern. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kurikulum pendidikan Islam terus mengalami perubahan dan penyesuaian agar relevan dengan kebutuhan masyarakat global saat ini.
Artikel ini akan mengulas perkembangan pendidikan Islam di Indonesia dan membandingkannya dengan negara-negara lain di dunia. Dengan melihat bagaimana kurikulum pendidikan Islam diadaptasi di berbagai negara, kita dapat memahami bagaimana lembaga pendidikan Islam menghadapi tantangan modern tanpa meninggalkan nilai-nilai dasar keislaman.
Sejarah Singkat Pendidikan Islam di Indonesia
Pendidikan Islam di Indonesia memiliki sejarah panjang yang dimulai dari periode kerajaan Islam seperti Kesultanan Aceh, Demak, dan Ternate. Pada masa itu, pendidikan Islam lebih banyak dilakukan di masjid, surau, dan pesantren yang menjadi pusat pembelajaran Al-Qur’an, hadits, dan fiqih.
Pada masa kolonial, pendidikan Islam mengalami tantangan besar karena kebijakan pemerintah kolonial Belanda yang lebih mengutamakan pendidikan sekuler. Namun, madrasah dan pesantren tetap bertahan dan bahkan berkembang sebagai bentuk perlawanan kultural. Setelah kemerdekaan Indonesia, pendidikan Islam mendapat tempat lebih formal dalam sistem pendidikan nasional, dengan pengakuan madrasah sebagai bagian dari sistem pendidikan di bawah Kementerian Agama.
Perkembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Indonesia
Indonesia memiliki dua jenis lembaga pendidikan formal yang mengajarkan ilmu agama, yaitu madrasah dan pesantren.
- Madrasah
Madrasah adalah lembaga pendidikan formal yang berada di bawah naungan Kementerian Agama. Kurikulum di madrasah menggabungkan kurikulum nasional (umum) dengan kurikulum pendidikan agama Islam, yang meliputi mata pelajaran seperti Al-Qur’an Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab.- Kurikulum 2013 (K-13): Pada tahun 2013, Indonesia memperkenalkan Kurikulum 2013 yang juga diterapkan di madrasah. Kurikulum ini menekankan pada pengembangan karakter (akhlak mulia), kompetensi dasar, dan integrasi antara ilmu agama dan ilmu umum.
- Program Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK): Sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan siswa, Kementerian Agama juga memperkenalkan Madrasah Aliyah Kejuruan yang fokus pada keterampilan praktis dan kejuruan, di samping ilmu agama.
- Pesantren
Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tradisional yang lebih fokus pada pengajaran agama secara mendalam, terutama hafalan Al-Qur’an, tafsir, hadits, dan ilmu-ilmu keislaman lainnya.- Kurikulum Pesantren Modern: Pesantren modern seperti Gontor mulai menggabungkan pendidikan agama dengan pelajaran umum dan bahasa asing, yang memungkinkan lulusannya untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri.
- Regulasi Pesantren melalui UU No. 18 Tahun 2019: Undang-undang ini memberikan pengakuan formal terhadap pesantren sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional, termasuk dalam aspek kurikulum, akreditasi, dan pendanaan.
Perbandingan Kurikulum Pendidikan Islam di Negara Lain
Untuk memahami bagaimana pendidikan Islam berkembang di tingkat global, berikut adalah perbandingan antara Indonesia dengan beberapa negara lainnya:
- Mesir
Mesir dikenal sebagai pusat pendidikan Islam klasik, dengan Universitas Al-Azhar sebagai salah satu universitas Islam tertua dan paling berpengaruh di dunia.- Fokus Kurikulum: Al-Azhar menggabungkan antara ilmu agama (syariah, tafsir, fiqih) dan ilmu umum (sains, teknologi). Pendidikan dasar dan menengah di sekolah Al-Azhar juga menerapkan kurikulum yang seimbang antara agama dan ilmu pengetahuan modern.
- Inovasi Kurikulum: Dalam beberapa tahun terakhir, Al-Azhar mulai mengintegrasikan teknologi dan pembelajaran digital untuk menghadapi tantangan era modern.
- Arab Saudi
Pendidikan Islam di Arab Saudi sangat dipengaruhi oleh paham Salafi, dengan fokus pada Al-Qur’an, hadits, dan aqidah.- Kurikulum Terpadu: Sekolah-sekolah di Arab Saudi mengajarkan pendidikan agama dengan kurikulum yang sangat terpadu, namun kini mulai membuka diri terhadap pengajaran ilmu-ilmu umum dan teknologi.
- Reformasi Pendidikan: Arab Saudi sedang melakukan reformasi besar-besaran dalam kurikulumnya untuk menyelaraskan dengan Visi 2030, yang bertujuan mempersiapkan generasi muda untuk era globalisasi dengan memperkuat pengajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics).
- Malaysia
Malaysia memiliki pendekatan yang mirip dengan Indonesia, di mana madrasah dan sekolah Islam menjadi bagian integral dari sistem pendidikan nasional.- Sekolah Agama Rakyat (SAR) dan Sekolah Menengah Kebangsaan Agama (SMKA) di Malaysia menggabungkan kurikulum nasional dengan pendidikan agama. Malaysia juga memperkenalkan pendidikan Islam di sekolah-sekolah umum melalui mata pelajaran Pendidikan Islam yang wajib bagi siswa Muslim.
- Inovasi Teknologi dalam Pendidikan Islam: Malaysia gencar mempromosikan penggunaan teknologi dalam pendidikan, termasuk e-learning dan pembelajaran berbasis multimedia, terutama selama pandemi Covid-19.
- Turki
Pendidikan Islam di Turki berfokus pada keseimbangan antara modernitas dan tradisi Islam.- Sekolah Imam Hatip: Merupakan sekolah menengah yang didirikan untuk melatih para imam dan khatib, namun kini juga membuka kurikulumnya untuk pendidikan umum.
- Sekularisasi dan Islamisasi: Sejak reformasi di bawah Presiden Erdogan, Turki mulai memperkuat pendidikan agama di sekolah-sekolah umum tanpa meninggalkan aspek modernisasi.
Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Era Globalisasi
Pendidikan Islam di berbagai negara menghadapi tantangan besar di era globalisasi, di antaranya:
- Isu Radikalisasi: Kurikulum pendidikan Islam sering kali dituding menjadi penyebab radikalisasi. Oleh karena itu, beberapa negara mulai mereformasi kurikulumnya untuk mengajarkan Islam yang moderat, damai, dan inklusif.
- Kesenjangan Teknologi: Adopsi teknologi dalam pendidikan Islam menjadi tantangan, terutama di negara berkembang yang memiliki keterbatasan akses terhadap infrastruktur digital.
Namun, globalisasi juga memberikan peluang besar bagi pendidikan Islam, seperti:
- Kolaborasi Internasional: Lembaga pendidikan Islam dapat berkolaborasi dalam penelitian, pertukaran pelajar, dan pengembangan kurikulum bersama.
- Pembelajaran Jarak Jauh: Dengan berkembangnya teknologi, sekolah-sekolah Islam dapat memperluas jangkauannya melalui pembelajaran online, sehingga pendidikan Islam lebih mudah diakses oleh masyarakat global.
Kesimpulan
Pendidikan Islam di Indonesia dan dunia terus mengalami evolusi untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman tanpa meninggalkan nilai-nilai dasar keislaman. Indonesia dengan sistem madrasah dan pesantrennya, Mesir dengan Al-Azhar, Arab Saudi dengan reformasi pendidikannya, serta Malaysia dan Turki dengan pendekatan modernisasi, menunjukkan bahwa pendidikan Islam dapat beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat global.
Dengan memperkuat kurikulum yang seimbang antara ilmu agama dan ilmu umum, serta memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu pembelajaran, lembaga pendidikan Islam dapat menghasilkan generasi yang tidak hanya berilmu, tetapi juga berakhlak mulia dan siap menghadapi tantangan global.